Sistem pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan suatu negara. Kurikulum menjadi pusat perhatian dalam pendidikan, karena kurikulum mencerminkan nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan yang ingin disampaikan kepada generasi muda. Namun, ada satu aspek dalam kurikulum yang seringkali terlupakan, yaitu kurikulum tersembunyi (hidden curriculum). Mengapa penting untuk memahami kurikulum tersembunyi?
Kurikulum tersembunyi adalah segala sesuatu yang dipelajari oleh siswa di luar pelajaran formal yang diajarkan di sekolah. Ini mencakup nilai-nilai, norma-norma, dan sikap yang diam-diam dipengaruhi oleh lingkungan pendidikan. Kurikulum tersembunyi dapat ditemukan dalam rutinitas harian, aturan sekolah, interaksi sosial, dan bahkan bahan ajar yang digunakan. Meskipun tidak terlihat secara langsung, kurikulum tersembunyi memiliki dampak yang kuat terhadap perkembangan siswa.
Memahami kurikulum tersembunyi penting karena memiliki efek yang berdampak pada pembentukan karakter dan sikap siswa. Kurikulum tersembunyi mempengaruhi cara siswa berpikir, berperilaku, dan berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, mengeksplorasi kurikulum tersembunyi akan membantu kita dalam memahami mengapa beberapa siswa berkembang lebih baik daripada yang lain. Hal ini juga akan memungkinkan kita untuk memperbaiki sistem pendidikan dan menciptakan lingkungan yang lebih positif dan inklusif.
Ada beberapa komponen utama dalam kurikulum tersembunyi yang perlu dipahami. Pertama, nilai-nilai dan norma-norma yang diterapkan di sekolah akan mempengaruhi sikap dan perilaku siswa. Misalnya, jika sekolah menerapkan nilai-nilai positif, maka siswa akan belajar untuk menghormati perbedaan dan menjadi lebih toleran. Kedua, interaksi sosial di antara siswa dan guru juga merupakan bagian penting dari kurikulum tersembunyi. Guru yang memberikan dukungan dan memberikan pemahaman akan mempengaruhi perkembangan siswa secara positif. Ketiga, lingkungan fisik sekolah juga memainkan peran dalam kurikulum tersembunyi. Sekolah yang memiliki fasilitas yang mendukung seperti perpustakaan, laboratorium, dan ruang seni, mendorong siswa untuk belajar lebih baik dan kreatif.
Kurikulum tersembunyi memiliki dampak yang luas dan signifikan pada perkembangan siswa. Pertama, ia membentuk karakter dan sikap siswa. Misalnya, jika kurikulum tersembunyi mendorong persaingan yang berlebihan, siswa dapat mengembangkan sikap yang tidak sehat seperti rasa cemas dan rendah diri. Di sisi lain, jika kurikulum tersembunyi mendorong kerja sama dan empati, siswa akan belajar untuk menjadi individu yang lebih baik dan berempati terhadap orang lain. Kedua, kurikulum tersembunyi juga memiliki pengaruh yang besar pada identitas siswa. Nilai-nilai yang ditanamkan di sekolah akan membentuk bagaimana siswa melihat diri mereka sendiri dan bagaimana mereka berinteraksi dengan masyarakat di luar sekolah.
Untuk mengoptimalkan kurikulum tersembunyi, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Pertama, penting untuk melibatkan semua pemangku kepentingan dalam proses pengembangan kurikulum. Ini termasuk guru, orang tua, siswa, dan mayarakat. Melibatkan semua pihak akan memastikan bahwa nilai-nilai dan norma yang dipilih mencerminkan kebutuhan dan harapan semua orang. Kedua, guru harus diberikan pelatihan dan dukungan yang memadai untuk mengajarkan kurikulum tersembunyi dengan efektif. Guru yang terlatih dengan baik akan mampu menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan inklusif bagi siswa. Ketiga, penting untuk terus melakukan evaluasi dan perbaikan pada kurikulum tersembunyi. Kita perlu mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan pengalaman pendidikan siswa.
Kurikulum tersembunyi merupakan aspek penting dalam sistem pendidikan yang sering terlupakan. Ini memiliki efek yang signifikan pada pembentukan karakter dan sikap siswa. Memahami kurikulum tersembunyi adalah langkah penting untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih positif dan inklusif. Dengan mengoptimalkan kurikulum tersembunyi, kita dapat membantu siswa berkembang menjadi individu yang lebih baik dan siap menghadapi tantangan dunia nyata. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama memperhatikan dan menghargai peran kurikulum tersembunyi dalam pendidikan.
Referensi
Kentli, F. (2009). Comparison Of Hidden Curriculum Theories. European Journal of Educational Studies, 1(2), hal-93.
Purwanto, S. (2019). Kurikulum Tersembunyi dan Pembentukan Karakter Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santoso, A. (2021). Optimalisasi Kurikulum Tersembunyi: Langkah-langkah Strategis untuk Pendidikan yang Lebih Baik. Surabaya: Media Edukasi.
Wijaya, R., & Mulyadi, A. (2022). Kurikulum Tersembunyi: Implikasi dan Implementasi dalam Sistem Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 112-130.
William B. Ragam. (1996). https://www.researchgate.net/publication/286414734_Konsep_dan_Teori_Kurikulum_dalam_Dunia_Pendidikan
Copyright © 2022 SDN Darussalam. all rights reserved.